Sabtu, 05 Oktober 2013

Tahapan Sintesis Kolesterol dan Regulasi Sintesis Kolesterol



Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memaparkan materi yang sangat penting diketahui oleh mahasiswa farmasi yaitu tentang kolesterol. Berbicara kolesterol mungkin di kalangan awam pasti selalu negatif aja. Namun kolesterol memiliki manfaat mulai dari bahan baku dari hormon, vitamin D dll. Sudah selayaknya kita tidak hanya mengetahui apa itu kolesterol tapi juga mengetahui cara sintesis dan regulasi sintesis kolesterol agar memudahkan untuk mempelajari farmakologi obat-obatan antikolesterol. yuk baca dan fahamin posting yang saya buat. bila ada yang kurang faham leave a comment please.

Tahapan Sintesis Kolesterol

Dalam bahasan yang pertama ini saya ingin berbagi mekanisme sintesis kolesterol .

Tahapan pertama adalah sintesis HMG CoA



Pertama 2 molekul Asetil CoA berkondensasi menjadi Asetoasetil CoA. Kemudian molekul Asetil CoA yang ketiga ditambahkan dan menghasilkan HMG CoA.



Tahapan selanjutnya adalah Sintesis Asam mevalonat dari HMG CoA dengan bantuan enzim HMG CoA reduktase seperti yang terlihat dibawah ini




Enzim HMG CoA reduktase yang membantu sintesis asam mevalonat biasanya menjadi sasaran obat untuk mengurangi sintesis kolesterol. Khususnya golongan statin yang menghambat enzim HMG CoA sehingga sintesis kolesterol terputus .
Tahapan selanjutnya adalah sintesis kolesterol dari asam mevalonat .

Untuk tahapan lengkapnya tersaji di gambar dibawah ini





Regulasi Sintesis Kolesterol

Tubuh kita memiliki sistem yang mengatur kapan harus melakukan sintetis kolesterol dan kapan harus menghentikan sintesis kolesterol. Sehingga kadar kolesterol dalam tubuh akan selalu berada dalam keadaan optimum.
Naah apa saja yang dapat meregulasi sintesis kolesterol ? Saya akan membahas 3 faktor yang meregulasi sintesis protein

1. Sterol-dependent regulation of gene expression



Pasti temen-temen bertanya-tanya apaan itu? Naah factor yang pertama ini ekspresi gen HMG CoA reduktase dikontrol oleh factor transkripsi, SREBP (sterol regulatori element-binding protein) mengikat DNA pada posisi cis SRE (sterol regulatory element) pada reduktase gen. SREBP adalah protein integral membrane endoplasmic reticulum (ER) dan terasosiasi dengan protein membrane kedua endoplasmic reticulum (ER), SCAP (SREBP cleavage-activating protein). Saat level sterol dalam sel rendah, maka kompleks SREBP-SCAP dikeluarkan dari endoplasmic reticulum menuju badan Golgi. Dalam Golgi SERBP ditindaklanjuti oleh protease yang menghasilkan fragmen yang larut yang masuk kedalam inti sel dan berfungsi sebagai “faktor transkripsi”. Hasilnya dapat meningkatkan sintesis HMG CoA reduktase dan menyebabkan sintesis kolesterol .
Jika sterol dirasa cukup maka terjadi induksi pengikatan SCAP ke membrane protein ER lainnya. Hasilnya dalam retensi SCAP-SREBP dalam ER. Sehingga mencegah aktivasi SREBP, dan menyebabkan menurunkan regulasi sintesis kolesterol

2. Regulasi Hormon
Jumlah HMG CoA reduktase dikontrol secara hormonal. Peningkatan insulin berimbas pada peningkatan ekspresi gen HMG CoA reduktase. Glukagon memiliki efek yang sebaliknya.

3. Inhibisi oleh Obat




Golongan obat statin (fluvastatin, lovastatin, dan simvastatin) strukturnya analog dengan HMG CoA, Inhibitor kompetitip dari HMG CoA reduktase. Obat golongan statin digunakan untuk menurunkan kolesterol plasma untuk pasien yang hiperkolesterolmia.


Diposkan oleh Tufik Rachman

Sumber:
- Whitney, E., & Rolfes, S. (2008). Understanding nutrition. California: Thomson Wadsworth.
- Champe, P., Harvey, R., Ferrier, D. (2008). Biochemistry 4th edition. Philadelphia: Luppincott Williams & Wilkins

3 komentar:

  1. terima kasih artikel nya, sangat membantu saya belajar untuk ujian :)

    silahkan kunjungi blog saya: http://e-artdesigns.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. sama-sama :D
    blognya ko tidak ditemukan ?

    BalasHapus
  3. malam kak, maaf menggangu waktunya saya wahyu oktiarti dari semarang, saya berkuliah di fak. kedokteran unissula semarang , kak apakah saya boleh minta sumber aslinya ka, soalnya artikelnya bagus dan saya sedang membutuhkannya untuk menyusun kti saya, terima kasih kak

    BalasHapus